Komparasi Mitsubishi Xpander Ultimate VS Toyota Avanza Veloz

Chat Via wa

Komparasi Mitsubishi Xpander Ultimate VS Toyota Avanza Veloz –  Xpander sebagai Low MPV besutan Mitsubishi, membawa desain baru yag lebih lega, futuristik serta modern dibandingkan dengan kompetitor yang hadir terlebih dahulu. Mitsubishi Xpander menawarkan beberapa tipe yaitu tipe GLX, GLX, Exceed, Sport dan varian tertinggi adalah Ultimate. Bagaimana dengan Avanza? MPV besutan toyota yang masih merajai penjualan di kelasnya menawarkan tipe E, G dan yang tertinggi adalah Veloz. Bagaimana perbandingan dari kedua varian tertinggi antara Ultimate dan Veloz? mari kita bandingkan secara lengkap dibawah ini.

Mitsubishi Xpander menggunakan mesin 1.500cc yang akan menyalurkan tenaga ke penggerak roda depan dengan transmisi otomatisnya yang menggunakan CVT enam percepatan virtual. Dengan ketangguhan khas SUV. Penerapan DNA yang menjadi karakter utama merek ini ada pada berbagai sektor. Pertama desainnya, tampilan yang gagah ditonjolkan lewat bumper depan yang kekar dan tongkrongan yang jangkung. Approach serta departure angle yang khas mobil penggaruk tanah diterapkan untuk membuat daya jelajahnya lebih beragam.

Avanza Veloz hadir dengan menggunakan mesin DOHC 4 silinder 16-valve yang tersedia dalam dua tipe, yaitu 1.3L dan 1.5L. Mesin tersebut didukung dengan teknologi Dual Variable Valver Timing with Intelligent (Dual VVT-i). Meski sama seperti Grand New Avanza, namun performa yang dihasilkan Grand New Veloz lebih besar. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 96,5 PS pada putaran 6.000 rpm. Didukung dengan transmisi 5 percepatan, mobil ini dilengkapi dengan teknologi EFI atau injeksi pada mesin Grand New Veloz. Hal ini untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakarnya.

(Baca: Harga Mitsubishi Xpander Bandung, fitur, warna dan spesifikasi)

Xpander unggul dibanding Veloz 1.5. Mesin 1.5 liter MIVEC yang belum pernah beredar di Indonesia sebelumnya, mampu memproduksi hingga 104 dk. Torsi yang bisa disemburkan Low MPV Mitsubishi ini pun mencapai 141 Nm.

Bandingkan dengan Avanza Veloz bermesin 1.495 cc. Meski pada generasi terbaru sudah dilengkapi Dual VVT-i, namun output tenaganya hanya 103 dk. Memang hasilnya tak terpaut jauh dengan Xpander, tapi tengok torsinya. Hanya 136 Nm. Defisit 5 Nm cukup terasa ketika Anda membutuhkan momentum gerak.

Soal fitur, kami ingin mendeskripsikan dengan singkat : Veloz terlengkap sekalipun, kalah jauh dibanding Xpander. Low MPV Mitsubishi memiliki hampir semua yang ada di Toyota dengan penambahan yang tak dimiliki mobil apapun di kelasnya.

Dari fitur pengereman, Toyota Grand New Veloz hanya melengkapi remnya dengan Antilock Braking System (ABS). Pabrikan berlambang tiga berlian memberikan rem yang lebih canggih, bukan sekadar anti mengunci seperti ABS, namun dengan Electronic Brake Distribution, rem bisa dialihkan kinerjanya dari roda belakang ke depan atau sebaliknya sesuai kondisi roda. Ditambah lagi, Xpander memiliki Brake Assist (BA).

Dengan teknologi ini, ada sistem menambah daya pada pompa rem, meski kaki pengemudi tidak terlalu keras memijak dalam kondisi pengereman ekstrem. Satu lagi fitur pengereman yang tak dimiliki Veloz, Hill Start Assist. Dengan teknologi ini, sistem memberikan pengereman pada roda belakang agar tetap bekerja selama tiga detik kala pengguna memindahkan kaki dari pedal rem ke gas saat berada di tanjakan.

(Baca: Harga Toyota Avanza Veloz Bandung, fitur, warna dan spesifikasi)

Untuk menambah keamanan kala berkendara, Xpander Ultimate sudah menggunakan Active Stability dan Traction Control System. Kedua fitur, memberikan pengaturan lebih pada mesin agar mampu membaca selip berlebih pada roda dan menjamin pengendalian tetap presisi kala bermanuver. Fitur bisa dideaktivasi untuk mendapatkan tenaga optimal kala dibutuhkan dalam situasi tertentu.

Keyless Operation System. Teknologi ini tak pernah ditemukan sebelumnya pada mobil jenis Low MPV. MMKSI menyematkannya pada Xpander mulai varian Sport yang bahkan lebih murah dari Ultimate.

Mitsubishi Xpander Ultimate

Eksterior Xpander Ultimate

Mitsubishi Xpander punya bentuk yang khas dengan menggunakan bahasa desain Dynamic Shield, yang sebelumnya juga telah diaplikasikan pada Pajero Sport. Kemudian, bentuk lampu utamanya juga terbilang unik. Di mana, lampu yang sejajar kap bukan berfungsi sebagai headlamp. Sementara headlamp-nya ada di bagian bumper dan dibuat ke bawah.

Lampu LED sejajar pada kap untuk memberikan tanda pada pengendara di lawan arah, sementara penempatan lampu utama di bagian bumper bisa meningkatkan visibilitas berkendara

(Baca: Promo Kredit Mitsubishi Xpander Bandung)

Tampilan eksterior dari Mitsubishi Xpander juga diperapik dengan garis agresif pada sisi body yang mengalir hingga lampu belakang. Sementara lampu belakang dengan LED berbentuk L memberikan kesan sporty nan elegan. Di sektor kosmetika, adapula real spoiler dan garnish pada bumper depan dan belakang.

Interior Xpander Ultimate

Bagian interior Mitsubishi Xpander Ultimate disematkan material aksen kayu yang elegan. Pembungkus jok, masih menggunakan kain bertekstur. Sedangkan jok pengemudinya, sama seperti varian Exceed dan Sport, ada pengatur ketinggian.

Aspek fitur, tipe ini, tentu paling lengkap. Untuk hiburan, headunit layar sentuh dengan instalasi kontrol di kemudi. Speakernya pun sudah 6 buah, sama seperti Xpander Sport. Demikian pula soket outlet 12V, terdapat tiga buah, masing-masing di setiap baris kursi. Dan untuk menambah kemudahan membuka tutup pintu serta menyalakan mesin, Mitsubishi melengkapi Small MPV-nya dengan Keyless Operating System (KOS). Perlu digaris bawahi, semua mobil di jenis ini (Low MPV), tak ada yang memilikinya.

Masuk ke dalam, Mitsubishi Xpander disediakan dengan nuansa warna krem dan hitam. Mobil yang dilahirkan sebagai low MPV ini tentu saja sudah mempertimbangkan utilitas dalam hal tempat penyimpanan.

Fitur Xpander ultimate

Tak kurang dari 16 botol minum bisa masuk ke dalam kabin. Selain itu adapula beberapa lokas penyimpanan lain seperti di bahah jok penumpang depan, hingga ruang penyimpanan di bahwa bagasi belakang. Secara total ada 19 ruang penyimpanan.

Selain itu, tiap baris kursi terdapat socket listrik yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya smartphone. Kemudian, kursi ada baris kedua dan ketiga juga bisa dilipat rata untuk memberikan ruang bagasi yang lebih lapang.

Fitur yang paling membedakan Ultimate dengan varian lainnya adalah, Rear View Camera, Hill Start Assist (HSA) Active Stabilty Control (ASC). Mitsubishi Xpander telah menyematkan dual SRS Airbags, rem ABS, Emergency Stop Signal System, bumper yang didesain untuk meminimalisir dampak kecelakaan pada pejalan kaki sebagai standar. Sementara pada tipe Ultimate dan Sport, mobil dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist (HSA) dan Active Stabilty Control (ASC).

Fitur pengendaraan varian ini paling lengkap. Mobil yang hanya dijual dalam pilihan transmisi otomatis 4-percepatan, diberikan Active Stability and Traction Control (TCS). Peranti ini memungkinkan mobil untuk mendapatkan pengendalian yang stabil ketika bermanuver, agar tidak tergelincir. Asyiknya, fitur ini bisa dinonaktifkan ketika dibutuhkan, misalnya saat roda penggerak terbenam di lumpur, atau terperosok. Untuk menjaga mobil tetap pada posisi di tanjakkan agar tak menggelinding, ada fitur Hill Start Assist (HSA). Jika Anda kurang percaya diri untuk parkir dengan bantuan kaca spion saja, Xpander Ultimate juga sudah memiliki kamera belakang.

(Baca: Perbedaan Mitsubishi Xpander tipe GLX, GLS, Exceed, Sport, ultimate)

Selain fitur di atas, Xpander Ultimate memiliki kelengkapan dengan semua lini mobil keluarga terbaru Mitsubishi. Misalnya saja mesin 1.5 liter bertenaga 104 dk, dengan torsi 141 Nm yang disalurkan tenaganya pada roda depan. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yakin skema mesin dan penggerak ini bisa menyajikan efisiensi serta performa terbaik.

Untuk peranti lain yang menjadi standar, MMKSI memberikan lampu hemat daya yang pancarannya keren, yaitu LED di bagian depan. Lampu ini dipasangkan pada bagian bumper yang membuat Xpander sangat berkarakter. Semua varian Xpander juga memiliki pengaturan kemudi yang baik, mulai dari tilt hingga teleskopik.

Harga Mitsubishi Xpander

Tipe
Harga
Xpander GLX MT 191.050.000
Xpander GLS MT 210.050.000
Xpander Exceed MT 216.050.000
Xpander Exceed AT 226.450.000
Xpander Sport 238.650.000
Xpander Ultimate 246.850.000

Toyota Avanza Veloz

Eksterior Avanza Veloz

Veloz mengusung nuansa desain Keen Look pada Grand New Veloz, sama seperti Avanza. Namun, pada bagian samping berbeda dengan Avanza, pada Grand New Veloz tidak terdapat Side Body Molding dan aksen molding namun tetap menampilkan kesan mewah pada sisi samping mobil ini.

Ukuran ban Grand New Veloz menggunakan velg berukuran 15 inci dengan ukuran ban 185/65 R15 dan desain velg baru yang terihat lebih sporty. Dibagian buritan, mobil ini hadir dengan new smooting panel, panel bodi baru yang lebih terlihat halus dengan berbagai lekukan dan mempertegas kesan sporty pada mobil ini.

(Baca: Promo kredit Toyota Avanza Veloz Bandung)

Dari bagian samping, sosoknya tak berubah dibanding sebelumnya. Hal yang wajar mengingat secara dimensi juga tak ada perubahan pada mobil ini. Panjangnya masih 4.200 mm, dengan lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm serta jarak sumbu roda 2.655 mm. Salah satu poin keunggulan yang dipertahankan oleh Grand New Veloz – sebagaimana juga oleh Avanza – adalah ground clearence-nya yang mencapai 200 mm. Hal ini menjadikan keluarga Avanza ini cukup superior dalam menghadapi medan jalan yang buruk sekaligus saat harus melintasi genangan air atau banjir sekalipun.

Di bagian belakang, aksen pembeda dengan varian Avanza adalah lampu utama belakang Veloz 1.5 yag memiliki aksen kaca gelap (smoked glasses). Selain itu baik pada Veloz 1.3 maupun 1.5 telah mendapatkan spoiler atap dengan lampu rem tambahan serta desain bumper baru dengan reflektor bulat yang memantulkan cahaya lampu saat malam. Penyempurnaan terakhir yang ditawarkan oleh Toyota adalah kehadiran garnish pada bagian plat nomor untuk mempercantik penampilan di bagian belakang.

Pada Veloz, baik pada varian 1.3 maupun 1.5, dashboard dan nuansa warna kabin didominasi warna gelap, hitam dengan beberapa bagian berwarna abu-abu tua. Panel plastik berwarna perak juga terdapat di beberapa bagian dashboard dan trim pintu, menghadirkan nuansa modern yang cukup baik.

Interior Avanza Veloz

Dashboard yang rata di bagian atasnya membantu dalam hal visibilitas saat berkendara. Dalam hal tatanan kabin, dashboard seperti ini juga sangat membantu untuk kualitas keluaran sistem audio. Hal ini didukung pula dengan penggunaan head unit baru yang memiliki layar sentuh 6,1 inci. Otak sistem hiburan ini mampu untuk memutar CD dan DVD, siaran radio AM/FM, sistem koneksi via USB, AUX dan Bluetooth serta iPod Ready. Untuk mengatur sistem audio, pengemudi juga dapat menggunakan tombol yang tersedia di lingkar kemudi. Untuk mengatur sistem penyejuk kabin (AC), Veloz masih menggunakan dua tombol putar seperti sebelumnya.

Panel instrumen di balik kemudi juga kini mendapatkan penyegaran dengan perubahan warna menjadi Biru-Putih, serta hadirnya indikator ‘Eco’ yang dapat membantu Anda untuk mengelola cara berkendara yang lebih efisien. Lingkar kemudinya sendiri kini telah berlapis bahan kulit yang membuatnya lebih nyaman untuk digenggam.

(Baca: Perbedaan Toyota Avanza tipe E, G dan Veloz)

Sejatinya, pada bagian tempat duduk Veloz berbalut bahan fabric yang nyaman untuk disentuh dan diduduki. Kebetulan pada unit yang kami pinjam, seluruh bangkunya telah dilapis oleh material pembungkus yang dimaksudkan untuk melindungi bahan aslinya. Namun, busa tempat duduk yang lebih tebal dibandingkan sebelumnya tetap dapat dirasakan pada Veloz anyar ini. Hal ini berkontribusi memberikan kenyamanan saat berkendara.

Fitur Avanza Veloz

Interior Grand New Veloz juga mengalami perubahan walaupun tidak terlalu signifikan, menonjolkan nuansa warna hitam. Perubahan interior Grand New Veloz terdapat pada.

  1. Sistem audio dengan ukuran layar 6,1 touch screen, mendukung media CD, DVD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth dan iPod ready.
  2. Setir kemudi dilapisi kulit yang dilengkapi kontrol audio disebelah kiri setir.
  3. Perubahan desain knob transmisi.
  4. Desain baru combimeter dengan nuansa putih biru.
  5. Pada combimeter terdapat indikator eco drive. Lampu indikator ECO drive berwarna hijau akan menyala jika faktor ini dipenuhi oleh pengemudi: Spontanitas akselerasi mobil rendah, posisi transmisi yang tidak membuat putaran mesin tinggi, mobil tidak melaju kencang. Dengan menyalanya lampu indikator ECO drive, pengemudi akan diajarkan cara mengemudikan mobil yang irit bahan bakar.
  6. Tombol kontrol lock power window juga mengalami perubahan dan sekarang di letakkan kebelakang dari masing-masing tombol power window.

Harga Avanza Veloz

Tipe Harga
AVANZA 1.3 VELOZ M/T 221,600,000
AVANZA 1.3 VELOZ A/T 233,300,000
AVANZA 1.5 VELOZ M/T 232,500,000
AVANZA 1.5 VELOZ A/T 244,200,000
Dapatkan Promo Diskon Terbaik dan Bonus Menarik Lainnya

Hubungi Kami di: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit / Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________
Sales Consultant
1. Alia April
2. Andi Soecipta
3. Arief Septyoaji
4. Bayu Aji Ramadhan
5. Gilang Gumilar
6. Muhamad Isa Wahyu
7. Nandar (Bonay)
Alamat Dealer Mobil
Posted in Berita, Mitsubishi, Perbandingan, Toyota and tagged , .