Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2018

Chat Via wa

Perbedaan Toyota Rush VS Daihatsu Terios – Kembar tapi tak sama. Itu yang bisa kita lihat di duo SUV Daihatsu dan Toyota, Terios dan Rush. Melihat sekilas tak terlalu tampak perbedaan yang cukup signifikan, rupanya ada beberapa hal yang beda. Dari bagian eksterior kromnya di Rush pakai tone gelap, kemudian di bagian belakang ada smoke lamp. Interior motif kain, desain wheel ringnya beda sisanya kurang lebih sama

Toyota memilih grille yang berwarna gelap alias dark chrome karena saat ini dark chrome tengah happening. Elemen tough-nya dapat namun elegannya juga dapat karena warnanya hitam, Rush sudah dibekali dengan 6 airbag sementara Terios hanya memasang 2 airbag saja.

Di bagian belakang Terios lebih ramai ya dengan penambahan pelat hitam. Pelek Rush menggunakan pelek alloy berukuran 16 inci (tipe G) dan 17 inci (TRD Sportivo). Terios kini menjadi sebuah mobil yang lebih cocok dipakai bertualang.

Baik All-New Toyota Rush 2018 maupun All-New Daihatsu Terios 2018 membawa perawakan yang nyaris semuanya sama.  Keduanya juga menggendong mesin anyar 2NR-VE 1.5 liter yang lebih hemat bahan bakar, serta menghasilkan tenaga 104 ps dan torsi 136 Nm dan disematkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan menuju roda belakang.

(Baca: Harga Toyota Rush Bandung, Fitur Warna dan Spesifikasi)

Pada bagian eksterior, meski minim, ada beberapa perbedaan antara Terios dan Rush baru ini. Yang paling kentara adalah bagian grille, dimana All-New Toyota Rush 2018 menggunakan aksen dark chrome, sedangkan grille milik Teris lebih elegan dengan garis horizontal berwarna chrome.

Berlanjut ke area buritan, All-New Daihatsu Terios diberi warna hitam yang menghubungkan sepasang lampu belakang LED-nya, sedangkan Toyota Rush tidak memilikinya.

Berikut Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2018

Daihatsu Terios

Daihatsu All New Terios membawa perubahan total, tidak hanya dari segi tampilan luar, tapi juga mesin, hingga fitur yang ada di dalamnya. Secara keseluruhan, perubahan yang dibawa sama seperti saudara kembarnya, Toyota All New Rush. Kedua produk ini sama-sama diluncurkan pada hari yang sama, di tempat berbeda, Kamis (23/11/2017). Toyota Rush juga diproduksi oleh PT Astra Daihatsu, sama seperti model kolaborasi lainnya, yakni Avanza-Xenia, Agya-Ayla, dan Calya-Sigra.

Mesin Daihatsu Terios

Performa Mesin Daihatsu Terios

Terios baru menggendong mesin 2NR-VE 1.500cc, 4-silinder segaris DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini sama seperti yang digunakan sang saudara kembar, All New Rush dan generasi terakhir Xenia-Avanza yang diluncurkan 2015. Mesin baru yang digunakan ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 104 PS di putaran 6.000 rpm dan torsi 13,9 kgm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga dan torsi ini sebenarnya lebih kecil dari mesin lama yang diklaim mampu menghasilkan 109 PS dan 14,4 kgm pada masing-masing putaran mesin yang sama.

Dimensi Daihatsu Terios

(Baca: Harga Daihatsu Terios Bandung, Fitur, Warna dan Spesifikasi)

Beralih ke dimensi. Terios Baru memiliki ukuran yang lebih panjang dan tinggi dibanding model sebelumnya. All New Terios memiliki panjang 4.435mm x lebar 1.695mm x tinggi 1.705mm. Sementara itu, jarak sumbu roda mencapai 2.685mm dengan jarak ketinggian dari tanah 220mm.

Sebagai perbandingan, Terios lama memiliki panjang 4.385mm x lebar 1.695mm x tinggi 1.695mm. Terios lama memiliki jarak sumbu roda 2.685mm dengan jarak ketinggian dari tanah 200mm. Untuk ban, Terios baru sudah menggunakan ukuran pelek 17 inci. Sedangkan yang lama masih menggunakan pelek 16inchi.

Fitur Daihatsu Terios

All New Terios dipasangi lampu LED di bagian depan dan belakang. Lampu ini disebut mampu hidup otomatis apabila mobil melewati terowongan gelap pada siang hari. Pada kaca belakang terpasang auto wiper yang dapat otomatis berfungsi saat mobil akan diparkir dalam suasana hujan. Tujuannya memudahkan pengemudi melihat ke belakang.

Untuk sisi keamanan, All New Terios sudah memiliki Vehicle Stability Control (VSC), Anti-Lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), dan Electronics Brake Force Distribution (EBD).

(Baca: Promo Kredit Daihatsu Terios Bandung)

Interior Daihatsu Terios

Interior Daihatsu Terios

Interior Daihatsu Terios

Seluruh jok penumpang dari baris pertama sampai ketiga sudah dilengkapi dengan sabuk keselamatan. Jumlah airbag yang tersedia, membuat Terios berbeda ketimbang Rush. Terios hanya mengandalkan dual airbags, sama seperti model lawas, sedangkan Rush baru sudah enam airbags. Lingkar kemudi sudah terintegrasi tombol pengatur audio dan penerima telepon. Tombol Start/stop, setiap baris punya colokan charger, AC sudah digital, dan sistem audio 2DIN layar sentuh untuk memutar DVD, kamera parkir 360 derajat, dan GPS.

Pemasangan fitur seperti yang dijelaskan di atas menyesuaikan tipe. Sehingga tidak semua fitur bisa ditemui di semua tipe. Daihatsu memasarkan Terios dalam dua tipe pilihan, yakni X dan R. Masing-masing tipe ada varian standar dan deluxe. Selain itu, tiap tipe terdiri atas transmisi 5 M/T dan 4 A/T. Sampai saat ini, Astra Daihatsu Motor ( ADM) belum menentukan harga jual produk terbarunya ini.

Harga Daihatsu Terios

Tipe
Harga
TERIOS X MT 195.750.000
TERIOS X MT Deluxe 205.750.000
TERIOS X AT Deluxe 216.250.000
TERIOS R MT 229.950.000
TERIOS R MT Deluxe 239.950.000
TERIOS R AT 240.350.000
TERIOS R AT Deluxe 250.350.000

Toyota Rush

Model baru Rush berubah total dari sebelumnya. Dimensinya makin panjang, bobotnya bertambah, ruang kabin meluas, menggunakan mesin baru, tidak tersedia versi 5-penumpang, dan semakin aman dengan penambahan fitur keselamatan.

Pilihan varian All-New Rush kini lebih sederhana karena hanya tersedia dua varian, yaitu G dan TRD Sportivo, masing-masing tersedia transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Pada model sebelumnya, Rush punya tiga varian, G, S TRD Sportivo, dan S TRD Sportivo Ultimo yang masing-masing juga tersedia transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

(Baca: Promo Kredit Toyota Rush Bandung)

Desain Toyota Rush

Rush terbaru didesain menggunakan platform Grand New Avanza yang sama juga dengan Great New Daihatsu Xenia. Ukuran wheelbase All-New Rush pun sama dengan kedua model itu dan tidak berubah dari model Rush lama, yakni 2,685 m.

Dimensi panjang All-New Rush yaitu 4,435 m, lebar 1,695 m, dan tinggi 1,705 m. Ukuran All-New Rush lebih panjang 23cm ketimbang model sebelumnya bila dihitung bodi ke bodi tanpa ban cadangan. Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim lebar dan tinggi All-New Rush tidak berubah dari model sebelumnya.

Dampak positif dari bodi yang memanjang membuat ruang kabin bertambah 17 cm dengan volume bagasi yang ikut bertambah besar. Sementara bobot All-New Rush dan model sebelumnya bertambah 80 kg jika yang dibandingkan varian spesifikasi tertinggi.

Tanpa konde alias ban cadangan yang menempel di pintu belakang membuat penampilannya sekarang jadi makin klimis. Membuka pintu belakang kini ke atas, pada model sebelumnya ke samping. Ban cadangan All-New Rush ada di kolong mobil, di bawah bagasi.

Interior Toyota Rush

Interior Toyota Rush 2018

Interior Toyota Rush 2018

Masuk ke dalam nuansa hitam dengan aduan warna krem di dashboard dan doortrim memperkuat kesan sport. Tatanan dashboardnya dibuat sederhana. Dia punya setir palang tiga.  Soal fungsionalitas, Toyota Rush memiliki 13 cup holder. Kemudian, untuk memberikan fleksibilitas dalam mengangkut barang bawaan, kursi pada baris kedua dan ketiga bisa dilipat dengan mekanisme 50:50 dan bisa dilipat rata. All new Rush mengemas fitur hiburan berbasil layar 7 inci yang bisa digunakan untuk mengakses konten DVD dan mendapat dukungan konektivitas USB, Bluetooth, iPod/iPhone, dan Miracast.

Mesin Toyota Rush

Bukan cuma platform, All-New Rush juga menggendong mesin Grand New Avanza, yakni 2NR-VE, 1.5L, 4-silinder segaris, DOHC, berteknologi Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan, 104 PS dan torsi 13,9 kgm, itu lebih kecil dibanding mesin 1.5L 3SZ-VE pada model lama, yaitu 109 PS dan 14,4 kgm.

Chief Engineer All-New Rush Eiji Fujibayashi mengatakan, secara garis besar mesin baru sama seperti Grand New Avanza, tetapi sudah disesuaikan kebutuhan. Salah satunya, mesin 2NR-VE dilengkapi Hill Start Assist (HSA).

Fitur Toyota Rush

Pada semua varian All-New Rush dilengkapi lampu LED, tombol start-stop mesin, AC double blower, head unit 7 inci (USB, Bluetooth, koneksi iPhone/iPad, HDMI, Miracast), 6 speaker, kamera parkir mundur, gril chrome hitam, pengaturan naik-turun kemudi, 6 kantong udara, Vehicle Stability Control (VSC), integrated LED rear combination lamp, indikator pengingat 7 sabuk pengaman, Anti-Lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HAS), dan Emergency Brake Signal (EBS).

Di varian tertinggi, TRD Sportivo mempunyai semua fitur itu ditambah dasbor two tone dengan material soft-touch, tombol pengaturan audio dan telepon di kemudi, pelek 17 inci (varian G 16 inci), AC auto dengan tampilan digital, power slot di semua baris, kit bodi, smart entry, 8 speaker.

Harga Toyota Rush

Tipe Harga
 RUSH 1.5 Tipe G M/T 247,000,000
 RUSH 1.5 Tipe G A/T 257,000,000
 RUSH 1.5 S M/T TRD Sportivo 258,200,000
RUSH 1.5 S A/T TRD Sportivo 268,200,000

Catatan:

  1. Harga masih normal belum dipotong diskon atau cashback (Jika ada Diskon)
  2. Harga belum dipotong harga promo (Jika sedang masa promo)
  3. Harga Untuk Wilayah Bandung dan Jawa Barat
  4. Harga sewaktu waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Untuk info kredit dan pemesanan All New Toyota Rush dan Daihatsu Terios, bisa menghubungi kami atau menggunakan form simulasi kredit dibawah ini

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami di: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit / Test Drive
Simulasi Kredit Test Drive
___________________________________

Sales Consultant | otojourney.com
1. Alia April
2. Arief Septyoaji
3. Bayu Aji Ramadhan
4. Gilang Gumilar
5. Muhamad Isa Wahyu
Alamat Dealer Mobil

Posted in Berita, Daihatsu, Toyota and tagged , .